smpmusago@gmail.com

MUSAGO TALENT DAY

Selasa, 22 Agustus 2023 10:17

Facebook Whatsapp Twitter

MUSAGO TALENT DAY


Ditulis pada hari Selasa, 20 Sepember 2022 | 01:34 WIB | Oleh : Panji Bharata Sefa Wahyujati


smpmusago.sch.id, Gombong. Pada tanggal 3 September 2022 secara perdana di SMP Muhammadiyah 1 Gombong telah dilaksanakan kegiatan Talent Day. Kegiatan Talent Day adalah kegiatan untuk mengasah minat dan bakat para siswa. Kegiatan yang diadakan pada setiap hari sabtu ini,disambut dengan penuh suka cita oleh para siswa.

Kegiatan Talent Day meliputi cabang olahraga, kewirausahaan, pengetahuan umum, dan seni. Cabang olahraga diantaranya bulu tangkis, renang, tapak suci, volley, sepak bola, dan panahan. Kewirausahaan bertujuan untuk melatih siswa agar bisa melakukan wirausaha secara personal. Cabang pengetahuan umum antara lain English Club, olimpiade MIPA, jurnalis, dan Bulan Sabit Merah atau disingkat  BSM. Di cabang seni ada seni musik, seni tari, qiro’ah, dan drumb band.

Foto : Wawancara Tim Jurnalis SMP Musago bersama Bapak Imam Fauzan

Salah satu kegiatan talent day yang berhasil kami liput yaitu seni musik dan olahraga. Kegiatan seni musik ini diampu oleh Bapak Imam Fauzan. Pria kelahiran 13 Juni 1976 ini  bertempat tinggal di  Desa Tanjung Sari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Beliau memiliki hobi seni musik sejak kecil. Beliau menyukai seni musik sebab musik adalah bagian dari jiwanya dan musik adalah jiwanya.

Selain melatih menyanyi Pak Imam juga mengajar seni musik lainnya seperti Drum, Orgen, Rebana, dan Gitar. Pak Imam Fauzan sudah mengajar seni musik sejak tahun 2000an, tentu saja Pak Imam sudah banyak membawa kejuaraan bagi siswanya. Salah satu murid yang berhasil dibimbingnya dapat meraih kejuaraan dalam perlombaan MAPSI tingkat Provinsi. MAPSI itu sendiri adalah Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami. Beliau berhasil membawa anak didiknya hingga ke tingkat provinsi dalam lomba rebana yang diikuti oleh peserta didik jenjang Sekolah Dasar atau SD.

Foto : Wawancara Tim Jurnalis SMP Musago bersama Bapak Imam Fauzan

Kunci untuk meraih prestasi tersebut bukanlah hal yang mudah. Menurut seniman yang genap berusia 46 tahun ini  kiat meraih prestasi setiap anak yang dilatihnya yaitu harus bertanggung jawab dan memaksimalkan potensi yang ada pada diri siswa. Beliau berpesan kepada seluruh peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Gombong untuk selalu semangat belajar guna untuk mengejar dan meraih cita - cita. Selama beliau berada di SMP Muhammadiyah 1 Gombong menurutnya para guru dan muridnya pintar dan kreatif. Terutama yang ada di bidang seni. Ketika beliau mengajarkan seni menyanyi, semua memiliki kemampuan. Terbukti kemampuan tersebut berhasil mendapatkan kejuaraan di kanca nasional dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Cabang seni yang diikutinya adalah musikalisasi puisi berhasil menyabet juara 1. Saat itu beliau membawa siswa bernama Tunas Abdibekti kelas 9B ( yang sudah lulus tahun ini ), Anisa Windrian Zulaikha kelas 9A dan Aura Tazkia Falaq kelas 8B. Musikalisasi puisi tersebut membawakan sebuah lagu “Rindu Sang Rosul” berhasil mengalahkan peserta yang lainnya.

Selama ini yang menjadi penyemangat dalam diri Pak Imam Fauzan adalah “bahagia dunia dan akhirat”. Semoga apa yang dicita – citakan beliau dapat tercapai. Aamiin.

Foto : Wawancara Tim Jurnalis SMP Musago bersama Atlet Taekwondo Bintang Baraq

Selanjutnya tim jurnalis melakukan wawancara dengan salah satu siswa yang sedang mengikuti Talent Day dari cabang olahraga. Adalah Bintang . Salah satu siswa SMP Muhammadiyah 1 Gombong yang memiliki segudang prestasi. Hobinya berolahraga. Seperti namanya ia berhasil menjadi bintang lapangan. Bintang Baraq merupakan nama lengkapnya. Siswa berprestasi satu ini tinggal di Gang Bogowonto, Desa Rasa, nomor 6A, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen. Anak laki-laki dari pasangan Bapak Guntur Parahara dan Evi Nugraheni ini pernah meraih kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional dalam cabang olahraga taekwondo.

Tentunya bukan hal mudah untuk sang Bintang mewujudkannya. Tidak pernah absen ia dalam berlatih. Sebab menurutnya, untuk mendapatkan sebuah pencapaian menjadi seorang juara harus mau berlatih secara teratur dan tekun. Atlet kelahiran 27 November 2009 ini mempunyai harapan bersekolah di SMP Muhammadiyah 1 Gombong agar dapat melanjutkan impiannya mengembangkan prestasinya di cabang taekwondo khususnya, dan kejuaraan di bidang lainnya.

Foto : Wawancara Tim Jurnalis SMP Musago bersama Atlet Taekwondo Bintang Baraq

Ia memiliki pesan untuk teman-temannya yaitu agar para siswa dapat meraih cita-cita yang mereka miliki. Yang menjadi semangat dalam dirinya yaitu ia memiliki kata motivasi “Jangan menyerah sebelum berhasil”. Kita dapat melihat perjuangan seorang anak yang berusia 13 tahun ini dengan berbagai prestasi yang telah ia raih yaitu dengan berusaha, berdoa, dan pastinya pantang menyerah. Tim Jurnalis SMP Musago: Panji Bharata Sefa Wahyujati 9B, Regita Cahyania Kamila Dwitama 9F


 
Admin Sekolah | Artikel

Artikel Terkait

SANG BINTANG MUSAGO

SANG BINTANG MUSAGO

smpmusago.sch.id, Gombong. SMP Muhammadiyah 1 Gombong mengadakan beasiswa bagi siswa siswi yang berprestasi di setiap tahunnya. Beasiswa ini berlaku untuk…

Tambah Komentar

Komentar

Komentar tidak ditemukan