smpmusago@gmail.com

Tiga Syariat Islam Seorang Muslim

Senin, 21 Agustus 2023 14:38

Facebook Whatsapp Twitter

Ditulis pada hari Senin, 28 November 2022 | 21:10 WIB | Oleh : admin


smpmusago.sch.id, Gombong.

 

Pengajian Jumat Pertama

Pembicara : Syaikh Ahmad Mustofa Subkhi Al-Azhari Mudir Madrasah Quraniyah Masjid Imam Shaleh Ja’fari Kairo Mesir

Jumat, 4 November 2022

 

Isi :

Dalam kesempatan yang berbahagia Syaikh Ahmad Mustofa Subkhi Al-Azhari menyampaikan banyak hal tentang Islam. Diantaranya pembahasan tentang “Tiga Syariat Islam Seorang Muslim”.

 

Syaikh Ahmad memaparkan “Tiga Syariat Islam Seorang Muslim” yaitu:

  1. Hati

Mengapa syariat Islam yang pertama adalah hati. Karena di dalam hati kita ada aqidah yang itu menjadi pondasi keimanan orang muslim. Yakinlah ketika hati ini sudah terbentuk aqidah yang kokoh maka seorang muslim akan memiliki keyakinan dan kemantapan hati yang selanjutnya akan membawa bahagia dan selamat di dunia maupun di akhirat.

 

  1. Lisan

Kedua adalah lisan. Lisan yang berupa perkataan merupakan nikmat yang sangat agung. Bagaimana tidak, bisa di buktikan bahwa di dunia kesehatan atau kedokteran. Kita tahu di rumah sakit ada banyak dokter salah satunya dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan tapi apakah di rumah sakit ada dokter spesialis lisan, tidak ada bukan? Dan apakah ada pasien yang menyampaikan kepada dokter “Maaf dokter minta tolong lisan saya capek, apa obatnya.” Tentu tidak ada pasien yang demikian. Lisan ini tidak ada capeknya, tidak ada hentinya karena disana ada lidah dan lidah ini sampai dengan kita kelak akan sakaratul maut lidah kita masih bisa digerakan namun organ lain seperti tangan, kaki, badan kita tidak. Sungguh lisan ini benar-benar kenikmatan yang sangat agung.

 

  1. Amal

Ketiga adalah amal. Ketika kita sudah mendapatkan ilmu, kewajiban kita adalah mengamalkannya/ mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai kita dibenci oleh Allah SWT karena kita tidak mengamalkan ilmu yang sudah kita tahu dan yakini. Seperti disebutkan dalam firman Allah SWT yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, mengapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu me nga takan apa-apa yang tidak kamu kerjakan." (QS. Ash-Shaff: 2-3)

 

Itulah tiga syariat Islam yang harus kita perhatikan bersama dan jaga bersama agar Islam ini semakin maju dan mampu menjadi rahmatan lil alamin khususnya di Indonesia.

 

 
Admin Sekolah | Artikel

Artikel Terkait

SANG BINTANG MUSAGO

SANG BINTANG MUSAGO

smpmusago.sch.id, Gombong. SMP Muhammadiyah 1 Gombong mengadakan beasiswa bagi siswa siswi yang berprestasi di setiap tahunnya. Beasiswa ini berlaku untuk…

Tambah Komentar

Komentar

Komentar tidak ditemukan